Liburan Hemat ke Belitung

IMG_5080
Sejak adanya film Laskar Pelangi, pulau satu ini jadi booming banget dan mulai banyak dikunjungi wisatawan. Salah satunya adalah aku dan teman-teman sesama management trainee di kantor waktu itu. Aku pergi ke Belitong di bulan Desember 2015 lalu, dan walaupun sudah 2 tahun yang lalu, aku bisa bilang ini adalah tempat yang wajib banget dikunjungin karena alamnya masih asri dan bebas polusi, apalagi macet, ga bakaaal deh nemuin macet di pulau ini. Nah buat kamu yang berencana untuk travelling ke Belitung, aku punya beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan referensi 😀 Maaf banget kalau ngga lengkap, berhubung sudah 2 tahun lalu perginya jadi ada beberapa yang kelupaan.

Well, but still i hope you find it interesting 😀

How to Get There?

Untuk transport Jakarta-Belitung, aku dan teman-teman menggunakan pesawat. Untuk rute ini ngga terlalu mahal kok, untuk perjalanan pulang pergi cukup merogoh kocek kurang lebih 700ribuan per orang.

Airport di Belitung terletak di Tanjung Pandan. Kalau dari kota kamu ngga ada rute ke Tanjung Pandan Airport, kamu bisa ambil rute ke pulau Bangka dan turun di Depati Amir Airport, Pangkal Pinang dan lanjut ke Belitung dengan menggunakan kapal.

Where to Stay?

Aku memilih untuk stay di hotel budget untuk meminimalisir biaya. Pilihanku jatuh pada MaxOne Hotel at Belstar Belitung dengan rate 700 ribu per kamar.  So far so good, kamarnya bersih, sarapan so-so, pelayanannya juga ramah. Jadi cukup bangeet buat stay selama liburan 🙂

 

Where to Go?

PANTAI!!!

Pastinya sih yaaa 😀 Pantai disini sepi dan masih bersih jadi cocok banget buat kamu yang suka liburan alam. Selain itu ada beberapa museum dan lokasi-lokasi laskar pelangi.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi atau lebih dikenal dengan pantai Laskar Pelangi ini terletak di utara pulau Belitung. Pasirnya putih, airnya jernih, dan salah satu ciri khas dari pantai di Belitung : batu granit.

pantai tanjung tinggi (source by google)

pantai tanjung tinggi

Pantai ini dikenal dengan pantai laskar pelangi karena banyak scene yang ada di film tsb diambil di lokasi ini. Lumayan yaa bisa merasakan napak tilas si laskar pelangi 😀

Batu granitnya besar-besar dan sedikit licin. Aku dan teman-teman naik ke batu granit tertinggi dan berfoto. Ombaknya lumayan kencang sehingga kami basah kuyup terkena air ombak, hati hati kalau membawa kamera, usahakan untuk melindungi kamera supaya tidak basah.

Danau Kaolin

Danau dengan pemandangan paling indah seumur-umur yang pernah aku lihat. Bagussss banget 😀 Danau ini  memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang warnanya biru menyala. Terbentuk dari sisa-sia galian kaolin yang kemudian tidak digunakan lagi. Memanjakan mata bangeeet untuk dilihat.

Kaolin Lake, Belitung Island

Danau Kaolin - ssaravina.com

Di danau ini, kita dilarang untuk masuk terlalu jauh, mungkin karena takut terperosok ya. Jadi disini kita hanya bisa foto-foto sambil melihat keindahan danau ini. Tapi beneran deh walaupun cuma buat foto, danau ini worth the hype banget. Super pretty!

Museum Kata Andrea Hirata

Museum ini didedikasikan untuk putra daerah Belitung yaitu Andrea Hirata, si penulis dari buku Laskar Pelangi. Museum ini adalah museum literatur pertama di Indonesia. Disini kita bisa melihat berbagai karya seni dari Andrea Hirata yang tidak dipublish secara umum. Museum ini didirikan untuk menginspirasi anak-anak di sekitar Belitung untuk mengembangkan bakat mereka. Disini banyak spot-spot yang Instagrammable banget loh! Cocok buat kamu yang doyan foto 😀

IMG_5049

Pulau Lengkuas

Pulau kecil yang terkenal dengan keindahan alamnya dan mercusuarnya. Aku sarankan  untuk tidak kesini saat musim hujan karena ombaknya paraaah banget. Tapi pemandangan disini memang patut diacungi jempol. Disini kita bisa snorkeling atau sekedar berkeliling pulau. Untuk kamu yang punya tenaga lebih, bisa menaiki mercusuar yang super tinggi untuk melihat alam disekitar pulau lengkuas yang bagus bangettt!

pulau lengkuas (source by google)

 

Replika SD Muhammadiyah Gantong

Penasaran dengan SD Muhammadiyah Gantong yang hits banget di Laskar Pelangi? Nah tempat ini wajib deh kamu datangi. Replika SD Muhammadiyah Gantong ini terlihat persis seperti di filmnya. Kalian bisa berfoto dan masuk ke dalam kelas-kelasnya (which is cuma 2 kelas sih).

IMG_4965

IMG_5051

Selain objek wisata diatas, masih banyak lagi tempat yang bisa kamu kunjungi di Belitung. Diantaranya Batu Belayar, Pulau Kepayang, Pantai Burung Mandi, Tanjung Pendam Beach dan banyak lagi. Believe me, jalan-jalan di Belitung ga akan cukup kalo cuma 3 hari. You better spend more time here, baguuus banget 😀

Semoga bisa membantu temen-temen yang berencana ke Belitung yaaa.. I’ll see you on the next post 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s