Resep Cheesy Baked Rice – ala Zenbu House of Mozaru

Siapa yang ga doyan keju?

Hmmm.. kayaknya hampir semua orang suka banget ya sama makanan satu ini. Apalagi kalau diolah jadi berbagai macam masakan yang duhh bikin laper 😀

Sebagai pecinta keju, aku dan suami suka banget bereksperimen untuk bikin resep masakan dari keju. Salah satunya yang paling baru dan sukses bikin suami nambah melulu, “CHEESY BAKED RICE ala Zenbu House of Mozaru”. Dari jaman kuliah udah suka banget sama mozarunya Zenbu. Walaupun agak pricey tapi totally keju bangett dan ga enek. Buat kamu yang belum tau mozaru itu apa, kira-kira seperti ini ya

Jadi mozaru sendiri terdiri dari 4 lapisan :

  • Lapisan terbawah : Choices of Rice bisa pilih butter rice, curry rice atau spaghetty. Favorit aku butter rice dan spaghetty
  • Lapisan kedua : Choices of Topping bisa pilih mushroom, chicken, beef, dll. Favorit aku salmon, beef, zenbu (mix topping)
  • Lapisan ketiga : Choices of Sauce bisa pilih tomato, butter, dynamite. Favorit aku dynamite (enak parahhh! asin ada manis sedikit dan creamy)
  • Lapisan keempat : Mozarella Cheese

Dari lapisannya dan gambarnya aja, kebayang dong gimana creamy dan enaknya mozaru ini. Nah berhubung di Jambi ga ada, aku coba untuk membuat dengan resep ala aku. Masih belum mirip banget sama mozaru nya zenbu, tetapi lumayan lah untuk mengobati ngidam makan mozaru karena creamy dan lembutnya sama 😀 Oh ya kali ini aku pakai butter rice dan cheesy sauce (karena sukanya dynamite sauce dan ga tau gimana bikinnya, tapi cheesy sauce mirip karena sama-sama creamy)

Langsung aja yuk ini dia resep cheesy baked rice ala mozaru

WhatsApp Image 2017-09-29 at 10.04.48 AM

Bahan Butter Rice

3 Porsi Nasi Putih
100 ml Susu Full Cream
1 Buah Bawang Bombay, cincang halus
3 Siung Bawang Putih, cincang halus
3 Sdm Salted Butter
Cabe Rawit sesuai selera

Bahan Cheesy Sauce

100 ml Susu Full Cream
50 gr Keju Parmesan
100 gr Keju Cheddar
Gula, Garam, Merica secukupnya

Topping

3 Sosis Sapi (bisa diganti dengan ayam, daging sapi, seafood, dll), potong dan goreng hingga matang
100 gram Keju Cheddar
100 gram Keju Parmesan
150 gram Keju Mozarella

Cara Membuat Butter Rice :

1. Panaskan mentega, tumis bawang putih, bawang bombay dan cabe rawit hingga harum
2. Tambahkan nasi dan aduk hingga butter merata (apabila kurang bisa ditambahkan butter sesuai selera)
3. Tambahkan susu, garam dan merica. Aduk merata hingga nasi menjadi lembab dan creamy dan susu menyusut. Tiriskan

Cara Membuat Saus Keju :

1. Panaskan susu full cream hingga mendidih
2. Masukan keju cheddar sedikit demi sedikit sambil diaduk merata
3. Masukan keju parmesan sedikit demi sedikit, aduk merata hingga keju mencair seluruhnya. Tambahkan garam, gula dan merica sesuai selera

Layering Baked Cheesy Rice :

1. Masukan nasi dalam wadah tahan panas, ratakan permukaannya
2. Taburkan keju cheddar sedikit hingga menutupi permukaan nasi
3. Tata sosis hingga seluruh permukaan keju tertutup sosis
4. Masukan keju parmesan hingga merata menutupi sosis
5. Tuangkan saus keju hingga merata
6. Tata keju mozarella diatas saus keju
7. Masukan kedalam oven atau microwave, panggang 5-10 menit sesuai selera (semakin lama akan semakin padat, kalau suka yang creamy bisa 5 menit aja)
7. Keluarkan baked cheesy rice dari oven dan siap disajikan. Simple kan? 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s