Ayam Panggang Bawang – resep mudah untuk mamah muda

Ayam panggang. Siapa yang ngga doyan sama makanan satu ini?

Dengernya aja udah pengen keburu buka, ya nggak sih? 😀 Dari dulu pengen banget bikin makanan satu ini, tapi takut fail (maklum belajar masaknya aja otodidak), takut bikinnya susah, takut gosong lah ini lah. Tapi ngeliat microwave oven nganggur rasanya gatel pengen masak panggang-panggang gitu. Selama ini si microwave cuma digunakan untuk menghangatkan makanan atau paling banter buat bikin makaroni panggang.

Ayam Panggang Bawang

Jadi dengan tekad dan nekat yang bulat, akhirnya dicobalah resep satu ini. Hasilnya not bad, dan bisa banget dipraktekin sama mamah mamah muda yang baru belajar masak 😀

Ini dia resepnya, ayam panggang bawang

Ayam Panggang Bawang (untuk 4 porsi)

Bahan : 
  • 300 gram ayam, potong menjadi potongan sedang
  • merica putih bubuk
  • garam
  • 1 butir jeruk nipis, ambil airnya
 Bumbu :
  • 1/2 butir bawang bombay, rajang hingga halus
  • 4 siung bawang putih, rajang halus
  • 3 cabe merah keriting, rajang halus
  • 5 cabe rawit, rajang halus
  • 1 sdt jahe bubuk
  • 1 sdt cabe bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm saus tiram
  • sejumput pala
  • 1 batang daun bawang, potong tipis
  • garam
  • merica
  • 2 gelas air matang
  • minyak untuk menumis

Cara Membuat :

  1. Pastikan ayam dalam keadaan bersih, tambahkan garam, merica dan air jeruk nipis. Aduk sampai merata. Diamkan selama 1 jam
  2. Masukan sedikit minyak ke dalam penggorengan, goreng ayam hingga setengah matang, sisihkan
  3. Tumis bawang bombay, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit hingga harum.
  4. Masukan sebagian daun bawang dan bumbu lainnya. Aduk hingga merata lalu masak hingga mendidih.
  5. Cicipi dan tambahkan gula garam merica sesuai selera. Masukkan ayam dan masak hingga air menyusut dan pekat.
  6. Tata ayam di wadah kaca untuk microwave atau pemanggang lainnya. Panggang kira-kira 20 menit hingga berwarna kecoklatan.
  7. Angkat dari pemanggang, taburkan daun bawang
  8. Voilaaa, ayam panggang bawang sederhana siap disajikan 😀

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s