Ayam Saus Telur Asin (awas kolestrol!!)

Kalau makanan satu ini, siapa sih yang ga suka?

Creamy gurihnya itu loh bikin nagih, ampuuun *inget puasa*

Beberapa waktu lalu sempet nyobain bikin ayam saus telur asin simple buat suami. Dan seperti biasa, suami doyaaan sekali. Kalo bukan karena sadar kolestrolnya tinggi, pasti minta dibikinin terus deh 🙂

Nah kali ini aku mau share cara bikin ayam saus telur asin super simple yang bisa kamu praktekin sendiri di rumah. Oh ya, untuk saus telur asin, kebanyakan orang cuma pake kuning telurnya. Tapi aku pake sedikit putih telur supaya ga terlalu eneg. Kembali lagi bisa disesuaikan sama selera yang masak sih hehehe. Enjoy dan selamat memasak! 🙂

ps : maaf banget kalo aku kadang ga pake takaran di resepnya, soalnya memang kalo masak ga pernah pake takaran tersendiri. bener-bener insting aja gitu, tapi disini aku usahakan ada takarannya ya, bisa dimodif sesuai selera 🙂

Ayam Saus Telur Asin (untuk 2 porsi)

chicken salted egg - ssaravina.com

Bahan Ayam Goreng :

  • 300 gram ayam potong negri; boleh di fillet dadu atau bisa potongan besar seperti yang aku pakai. Disini aku pakai paha dan sayap ayam supaya bumbu lebih meresap
  • Tepung bumbu; aku biasa pake merk kobe atau sajiku
  • 2 sdm tepung bumbu ditambah sedikit air untuk membuat adonan cair
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Saus :

  • 4 butir telur asin rebus, ambil 4 kuningnya dan 1 putih telurnya, haluskan dengan sendok
  • 3 sdm mentega untuk menumis
  • 4 siung bawang putih, rajang halus
  • 4 buah cabe rawit (opsional, boleh ditambah atau dikurangi sesuai selera)
  • 1 batang daun bawang
  • kaldu bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

 

Cara Membuat :

  1. Pastikan ayam sudah bersih dengan sempurna, siapkan adonan cair (tepung bumbu dan air, pastikan tidak terlalu kental) dan tepung bumbu kering
  2. Masukan potongan ayam ke adonan cair hingga merata, lalu lumuri dengan tepung bumbu kering hingga seluruh permukaan ayam tertutup tepung
  3. Goreng ayam dalam minyak panas (usahakan deep frying) hingga kuning kecoklatan, lalu tiriskan
  4. Masukan mentega ke penggorengan hingga cair, tumis bawang putih dan cabe rawit yang sudah dirajang halus hingga wangi, jangan terlalu matang hingga berwarna kecoklatan
  5. Masukan telur asin yang sudah dihaluskan, aduk rata dan masak hingga berbuih
  6.  Masukan daun bawang, kaldu bubuk dan gula. Apabila kurang asin, bisa ditambahkan sedikit garam (aku ngga pake karena sudah asin dari telornya)
  7. Masukan ayam yang sudah digoreng sebelumnya, aduk hingga merata
  8. Taraaaa, ayam saus telor asin sudah siap disajikan 🙂
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s