Resep Ayam Goreng Mentega

Another hubby’s (and mine) favorite.

Singkat cerita, setiap kali ada kesempatan makan siang diluar, suami selalu ngajakin ke sebuah rumah makan yang menu andalannya : ayam goreng mentega. Nama rumah makannya RM Djempol, ga pernah sepi pengunjung dan selalu rame sama gojek yang antri buat go-food. Padahal nih, menu yang disajikan cuma ayam/bebek goreng-bakar-mentega. Warungnya pun sederhana sekali, tapi begitu coba ayamnya…. Duh asli enak banget! Berhubung suami doyan banget, jadilah aku ngintip-ngintip gimana cara bikinnya dan alhamdulilah kemarin cobain dan berhasil. Hasilnya persis sama, enaaak gurih wangi, bedanya cuman 1. Kalo di RM Djempol, ayamnya (sepertinya) dipresto karena bener-bener empuk sampe tulangnya pun bisa dimakan. Berhubung aku ga punya alat presto jadi digoreng biasa aja.

Sooo here is the recipe, hope you like it 🙂

Oh ya, resep ini cukup mudah apalagi buat newly housewife macem aku gini hahaha. Jadi semoga bisa dipraktekan yaaa 🙂

Ayam Goreng Mentega (2 porsi)

Ayam Goreng Mentega 1

Bahan Ayam Goreng :

  • Ayam Kampung 1/2 kilo, bersihkan, potong jadi bagian kecil (aku pake ayam kampung supaya lebih sehat, pake ayam boiler juga boleh)
  • 3 siung bawang putih, rajang halus
  • 2 sdm soy sauce / saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Ketumbar bubuk (opsional)

Bahan Saus Mentega :

  • 3 sdm mentega
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong melintang tipis
  • 4 siung bawang putih, dirajang halus
  • Daun bawang sesuai selera (aku pakai 1/2 batang daun)
  • 1 buah jahe dimemarkan (aku pake jahe bubuk supaya lebih praktis)
  • 1 sdm saus inggris (opsional, aku ga pake karena lupa beli)
  • 2 sdm makan saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin
  • 1/2 bungkus kaldu bubuk
  • 200 ml air matang
  •  1 sdt tepung maizena (aku pake tepung bumbu, lagi-lagi lupa beli maizena), encerkan dengan 2 sdm air sebagai pengental
  • sejumput gula
  • garam (tambahkan kalau kurang asin)

Cara Membuat :

  1. Campur seluruh bahan ayam goreng, marinate ayam selama kurang lebih 1 jam
  2. Goreng ayam dengan minyak panas hingga matang kecoklatan, sisihkan
  3. Masukan mentega, panaskan hingga meleleh
  4. Tumis bawang bombay, bawang putih dan jahe sampai harum
  5. Masukan bumbu lainnya (kecuali maizena dan garam) sampai mendidih
  6. Masukan maizena, aduk hingga rata. Cicipi, jika kurang asin bisa ditambahkan garam
  7. Masukan ayam dan aduk hingga bumbu meresap dan rata.
  8. Ayam Goreng Mentega siap disajikan 🙂

Ayam Goreng Mentega

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s